• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Jumat, 12 Mei 2017

Konfigurasi Simple Bandwith dengan target IP

Mei 12, 2017 // by Mahatma Yudha Prayetna // // No comments

A. Pengertian
QoS (Quality of Service) adalah metode untuk mengatur bandwith yang bertujuan agar tidak terjadinya monopoli penggunaan bandwith sehingga semua client atau client yang kita prioritaskan bisa mendapatkan jatah bandwith masing-masing.

Pada router OS QoS di kenal dengan Bandwith Management untuk paket yang kita gunakan adalah Queue. Terdapat 2 metode yang digunakan pada queue yaitu:

1. Simple Queue : merupakan jenis bandwith yang mudah dan simple dalam konfigurasinya. Simple Queue digunakan untuk management trafik uploud dan download pada masing-masing client.

2. Queue Tree : merupakan jenis bandwith management yang mengelompokan bandwith management kedalam group sehingga nanti akan terlihat seperti hierark. Fungsinya hampir sama dengan simple queue namun untuk Queue Tree ini kita harus mengaktifkan mangle untuk trafik paket pada firewall, sehingga kita melakukan limitasi dan prioritas pada paket trafik paket apapun semisal browsing, streming, game, email dan lain-lain.
Untuk Konfigurasi Simple:

B. Latar Belakang 
Supaya kita bisa memilih mana yang lebih di pentingkan atau di prioritaskan.

C. Alat & Bahan
1. Internet
2. Laptop atau PC
3. Routerboard Mikrotik
4. kabel UTP

D. Waktu 
5 menit

E. Tahapan Pelaksanaan
Pertama koneksikan laptop ke internet menggunakan routerboard yang terhubung dengan wifi atau AP. Untuk konfigurasinya lihat di konfigurasi sebelumnya.
Kita akan membatasi atau limitasi koneksi laptop pada IP 192.168.20.2/28 dengan bandwith Uploud=512kb dan download=384kb.
Untuk konfigurasinya masuk pada menu Queue> Simple Queue> add(+).
Untuk submenu general isikan Name: queue1, Target=192.168.20.2(IP Laptop), lalu Max limit target Uploud=512kb dan Max limit target Download=384kb, jangan lupa klik apply dan ok.
Kemudian uji coba kembali pada speedtest di speedtest.net 
Dan akan terlihat trafik uploud dan download tidak melebihi batas yang di tentukan pada konfigurasi sebelumnya.

F. Referensi 
www.mikrotik.co.id


0 komentar:

Posting Komentar